2 Aplikasi Pengolah Gambar Raster atau Bitmap yang Wajib kalian Ketehui

Gambar Bitmap adalah gambar yang dibentuk oleh sekumpulan titik yang disebut Pixel ( picture element ). Titik - titik akan terlihat sebagai sebuah gambar utuh bila kita melihatnya dari jauh. Bila kita melihat gambar tersebut dari dekat atau membesarkannya maka akan muncul sederetan kotak yang berhimpitan. Banyaknya titik akan berpengaruh pada tingkat kejelasan gambar yang sering disebut dengan resolusi.

Ciri - ciri gambar Bitmap

1) Pecah saat melakukan zooming
2) Tersusun oleh selebaran titik - titik pixel, beragam warna
3) Gradasi warna semakin luwes dan nyata.
4) Semakin besar resolusi gambar, maka akan semakin tinggi kualitas pada gambar tersebut.
5) Dapat digunakan untuk penggunaan efek - efek tertentu.

Format gambar untuk penyimpanan Bitmap / Raster bisa berupa :

1) JPG / JPEG ( Joint Photograpic Expert Group )
2) BMP ( Bitmap Image )
3) GIF ( Graphic Interchange Format )
4) TIFF ( Tagged Image Format File )
5) PNG ( Portable Network Graphic )

2 Aplikasi Pengolah Gambar Raster atau Bitmap

#1 Adobe Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3, versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4, versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5, versi ketigabelas adalah CS6, dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC.




Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

#2 GIMP


GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP adalah aplikasi sumber terbuka untuk mengolah grafis Bitmap. GIMP dapat dimanfaatkan untuk membuat grafik dan logo, mengubah resolusi dan memotong foto, mengubah warna, menggabungkan berbagai macam gambar atau mengkonversi berbagai macam jenis berkas gambar.


GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License.[6] GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix.[6] Namun saat ini peranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.

Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat.

Pengembang dan pengelola GIMP memiliki visi produk GIMP untuk berusaha menjadi perangkat lunak grafis kelas atas dalam menyunting dan menciptakan gambar asli, foto, ikon, elemen grafis halaman web, dan seni untuk elemen antarmuka pengguna.

Demikian artikel tentang 2 Aplikasi Pengolah Gambar Raster atau Bitmap yang Wajib kalian Ketehui, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman kalian supaya mereka tahu apa yang kalian ketahui.

Baca Juga
Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad