Hi sobat Blogger, sebelumnya saya memberikan materi pertama tentang Unsur - Unsur Tata Letak Desain Grafis ( Garis, Ilustrasi, Tipografi, Warna, Gelap terang, Tekstur dan Ruang) pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Dan kali ini saya akan memberikan materi ke dua yaitu tentang Pengertian dan Fungsi Warna CMYK dan RGB.


Warna adalah salah satu dari yang menghasilkan daya tarik visual. Warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dan sebuah karya desain grafis.


Warna CMYK dan RGB merupakan dua komponen penting dalam teori warna. Dua komponen ini menjadi dasar dalam membentuk warna – warna lain. Sebelum membuat suatu desain, desainer harus menentukan terlebih dahulu desain tersebut akan dicetak atau hanya dipresentasikan melalui media monitor.

Pengertian dan Fungsi Warna CMYK dan RGB


Pengertian Warna CMYK dan RGB

CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses  atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang (relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses. Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna  dan nilai Opacity/Transparency.

RGB adalah singkatan dari Red - Green - Blue adalah model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk input devices  seperti scanner maupun output devices seperti display monitor, warna-warna primernya (Red, Blue, Green) tergantung pada teknologi alat yang dipakai seperti CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT atau LCD pada display monitor.

Persamaan dari dua warna yaitu CMYK dan RGB adalah sama - sama termasuk warna primer.


Fungsi Warna CMYK dan RGB

Dalam pekerjaan desain grafis harus terbiasa dengan 2 mode warna yang paling umum ini. Secara sederhana, yang benar-benar perlu diketahui adalah Fungsi warna RGB digunakan untuk komunikasi digital, seperti televisi dan situs web. Sedangkan Fungsi warna CMYK digunakan untuk produksi percetakan, seperti brosur dan banner.

Demikan materi ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman kalian supaya mereka tahu apa yang kalian tahu.

Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post