Pengertian Windows PowerShell

Hi Sobat Blogger, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Windows Powershell, yang mana aplikasi ini sangat membantu seorang programmer untuk membuat aplikasi yang berbasis OOP ( Object Oriented Programming ). untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai. ada pepatah tak kenal maka tak sayang, begitupun juga Windows Powershell tak kenal maka tidak tahu. 

Windows PowerShell, sebelumnya dinamai Microsoft Shell atau MSH (dengan nama-kode Monad) adalah sebuah command line interface atau CLI (antarmuka baris-perintah) dan bahasa scripting yang sedang dikembangkan oleh Microsoft. Antarmuka ini mirip dengan UNIX shell, tetapi produk ini dibangun atas dasar pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming/OOP) dan kerangka Microsoft .NET, dan cakupannya sangat luas.

Microsoft sedianya bermaksud meluncurkan PowerShell bersama-sama dengan Windows Vista, tetapi belakangan menyatakan akan meluncurkannya secara terpisah. Microsoft menyatakan bahwa PowerShell akan diluncurkan pada semester kedua 2006. Windows PowerShell adalah sebuah gambaran awal dari administrasi Microsoft Exchange Server 2007 di mana segalanya akan dilakukan melalui antarmuka CLI dan administrasi GUI sebagai lapisan di atas baris perintah tersebut.

Pengertian Windows PowerShell
Sumber Gambar : https://techmentorevents.com/

PowerShell memerlukan .NET Framework versi 2.0 dan bisa dijalankan untuk Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008; serta akan tersedia untuk prosesor-prosesor x86, x64, dan Itanium. [Wikipedia]

Perbedaan Command Prompt ( CMD ) dengan Windows PowerShell

Perbedaan antara powershell dengan command prompt (cmd) adalah powershell menggunakan command yang berbeda yang dikenal sebagai cmdlets yang dapat dimanfaatkan dari mengubah registry sampai mengatur Windows Management Instrumentation (WMI) yang mana ini tidak bisa dilakukan oleh cmd.

Command pada powershell juga dapat dibuat dalam bentuk scripting environment yang dapat digunakan untuk membuat script sederhana sampai kompleks untuk memanajemen windows dimana cmd juga tidak bisa melakukannya. Singkatnya powershell lebih kompleks dan powerfull daripada cmd. [Netsec]

Pengertian Windows PowerShell
Sumber Gambar Powershell : Wikipedia

Fitur PowerShell

Powershell kaya akan fitur, berikut fitur dan fungsionalitas yang ditawarkan oleh powershell :
  • Cmdlets: untuk melakuakan tugas administratif seperti manajemen registry, services, process, event logs dan menggunakan Windows Management Instrumentation (WMI).
  • Scripting: powershell dapat dibuat dalam bentuk script yang dapat mendukung aplikasi lainya.
  • Consistent design: cmdlets dan system data pada windows menggunakan penamaan dan syntax yang sama. output data dari cmdlet dapat dijadikan input pada cmdlet lainnya tanpa perlu melakukan reformatting atau manipuasi.
  • Simplified: navigasi pada sistem operasi dapat dilakukan pada command line yang dapat menyebabkan user untuk dapat melakukan menavigasi pada registry atau data lainnya dengan cara sama untuk menavigasi ke sistem.
  • Powerful object manipulation capabilities: object dapat dimanipulasi secara langsung melalui powershell atau dikirim ke tools lain atau database.
  • Extensible interface: software independen atau enterprise developer dapat membuat custom tools dan utilitas menggunakan powershell untuk mengadministrasikan software mereka. [Netsec]

Menjalankan Windows PowerShell di Windows 10

#1. Buka Windows PowerShell. Klik ikon windows pada keyboard kemudian ketik Windows Powershell.

Pengertian Windows PowerShell


#2. Basic Script menggunakan variable $ di Windows Powershell

PS C:\Users\Ruang Komputer> $teks = "Hallo Nama Saya Prima Wijaya"

tekan Enter kemudian ketik $teks lalu Tekan Enter pada keyboard

PS C:\Users\Ruang Komputer> $teks
Hallo Nama Saya Prima Wijaya
PS C:\Users\Ruang Komputer>


Pengertian Windows PowerShell

Sumber :

Demikian artikel tentang pengertian Windows PowerShell, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman kalian supaya mereka tahu apa yang kalian tahu.  

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad