Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9

Hai, sobat Blogger, pada artikel kali ini saya akan membagikan bagaimana cara memfilter koneksi ke wifi dengan MAC address di ZTE F609. tujuannya untuk apa memfilter koneksi ke wifi, tujuannya yaitu untuk membatasi device (hp, laptop atau komputer) dan penyusup yang ingin koneksi ke wifi tapi selem itu kalian harus tahu apa itu MAC Address dan kenapa harus memfilter dengan MAC Address.

Mengutip pada halaman Wikipedia (Media Access Control Address) MAC Accdress adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan taut data dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Internet Protocol Address (atau disingkat alamat IP) adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama: host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi.

Apa perbedaan dengan MAC Address dengan IP. menurut sepengetahuan saya IP adalah alamat untuk koneksi ke jaringan sedangkan MAC Address alamat sebuah hardware ethernet untuk koneksi ke jaringan, jadi setiap hardware berbeda alamatnya.

Kenapa harus melalui MAC Address, seperti yang saya bahas diatas MAC Address alamat sebuah hardware ethernet dan alamat ini sangat unik dan setiap hardware berbeda - beda sedangkan IP bisa berubah - ubah atau bisa diubah. dari sini kalian sudah paham ya kenapa harus melalui MAC Address. baik langsung saja berikut Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9 .

Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9

#1 yang pertama. kalian harus masuk ke pengaturan Modem ZTE F609 melalui aplikasi Browser bisa Firefox, Google Chrome dll. kalo kalian belum tahu bagaimana cara masuk ke pengaturan, caranya kalian harus tahu default gateway nya, melalui CMD terus mengtikkan ipconfig lalu enter kemudian perhatikan tulisan default gatewaynya.

Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9


sebagai contoh seperti gambar diatas default gatewaynya 192.1681.1 mungkin lain ditempat kalian.

#2 ketikan default gateway nya ke browser kalian lalu enter.

Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9

#3 login. sebelum mengkonfigurasi kalian harus login terlebih dahulu. untuk username dan password biasanya dikasih setelah pemasangan, biasanya ditulis di dosh wifi / modem-nya.

#4 setelah login kalian pilih menu samping Network > Access Control List. lalu ketikkan MAC Addresnya. oh iya untuk memfilter koneksi ada dua cara 
  1. Block. jika kalian pilih ini berarti kalian memblokir MAC Address supaya tidak dapat koneksi ke wifi.
  2. Permit. pilihan kedua kebalikan yang nomor 1. jika kalian memasukan MAC Address ke Access Control List, Maka MAC Address bisa terkoneksi ke wifi. jika tidak masuk di Access Control List tidak dapat koneksi ke wifi.
Untuk mengetahui MAC Address yang koneksi ke wifi silahkan memilih menu Associated Devices. jika sudah tahu langsung kalian tambah MAC Address ke Acces Control List.

Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9

Ganti mode mau Block atau Permit

Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9



Demikian artikel kali ini tentang Cara Memfilter Koneksi ke Wifi Dengan MAC Address di ZTE F6O9. semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan dari artikel diatas silahkan komentar dibawah. jika menyukai artikel diatas kalian bisa menyebarkan / membagikan artikel ini ke teman kalian supaya mereka tahu apa yang kalian tahu. Matur suwon,,, 

Baca Juga
Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad