Microsoft Excel Perangkat Linak Pengolah Angka. Assalamu'alaikum, sobat. selamat datang di blog primawijaya.com, kali ini saya akan membahas pengetahuan dasar dari Microsoft Excel atau perangkat lunak pengolah angka dan cara penulisan rumus - rumus yang benar berikut ulasannya.

Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan diperkenalkan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.[wikipedia]

https://www.primawijaya.com/2020/01/microsoft-excel-materi-dasar.html


Micosoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi - fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik, serta manajemen data. Biasanya kegunaan aplikasi Microsoft Excel sehari - hari yang berprofesi sebagai guru untuk mengolah nilai siswa. Membuat laporan keuangan, melakukan perhitungan operasi kali dan bagi dengan cepat. Perngkat lunak ini juga dapat melakukan perhitungan pengolahan angka secara tepat, rapi dan akurat.

https://www.primawijaya.com/2020/01/microsoft-excel-materi-dasar.html
Ilustrasi : MS. Excel


#1 Operasi Perhitungan Matematika

Dalam lambang perhitungan matematika pada komputer tidak sama dengan perhitungan matematika seperti biasanya, perhitungan matematika pada MS. Excel dilambankan dengan karakter berbeda. Seperti perkalian dilambangkan (*) dan pembagian (/), dan untuk penjumlahan dan pengurangan sama seperti perhitungan matematika biasannya. Penulisan rumus pada Microsoft Excel diawali dengan sama dengan (=) kemudian dilanjutkan dengan penulisan rumus. Untuk penulisan di Microsoft Excel 2007, Microsoft Excel 2010, Microsoft Excel 2016, dan yang terbarupun sama penulisannya.

Contoh penulisan :
  • " =4*5 "         ket: 4 x 5    penulisan rumus yang berwarna merah
  • " =B7/C7 "    ket: angka pada kolom B baris ke 7 dibagi angka pada kolom C baris ke 7 seperti gambar ilustrasi dibawah ini.
NB : Penulisan rumus diatas diletakkan di D7 hasil perhitungan dari rumus tersebut

Fungsi Matematika dan Trigonometri Pada Microsoft Excel

  1. ABS (Menghasilkan nilai absolut)
  2. COUNTA (Menghitung sel tak kosong pada sutu bilangan)
  3. COUNTIF (Menghitung jumlah data dalam satu range menurut kriteria)
  4. EVEN (Membulatkan nilai ke bilangan genap terdekat ke atas)
  5. INT (Membulatkan nilai ke bilangan genap terdekat)
  6. MOD (Menghasilkan sisa pembagian)
  7. RANK (Mengurutkan posisi dari suatu bilangan)
  8. ROUND (Membulatkan nilai ke bilangan desimal yang ditentukan)
  9. ROUNDOWN (Membulatkan suatu bilangan kebawah)
  10. ROUNDUP (Membulatkan suatu bilangan keatas)
  11. SORT (Menghasilkan akar kuadrat)
Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post