#2 Fungsi Logika pada Microsoft Excel

Sebelum membahas fungsi logika pada Microsoft Excel, alangkah baiknya sobat tahu pengertian Ilmu logika. Ilmu logika adalah ilmu yang mempelajari tentang penalaran pemikiran. secara umum ilmu logika bisa disebut ilmu pengetahuan yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Baca juga : Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer



Kembali lagi ke fungsi logika pada Microsoft Excel. Dalam perhitungan di perangkat lunak pengolah angka, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan, Untuk menyelsaikan masalah ini MS. Excel menyediakan fungsi yang bisa digunakan sesuai dengan kebituhan. Fungsi logika digunakan untuk membandingkan dua atau lebih kondisi terntentu. Fungsi - fungsi tersebut dijelaskan sebagai berikut :

a) Fungsi Logika IF

Fungsi logika IF adalah fungsi yang paling banyak diaplikasikan terutama dalam penerapan formula lanjutan yang melibatkan banyak data dan keputusan bercabang. fungsi IF akan mengambil suatu kondisi tertentu kemudian menentukan nilai TRUE atau FALSE, apabila suatu kondisi terpenuhi maka hasilnya TRUE, sedangkan FALSE bila kondisi tidak terpenuhi. IF dalam bahasa indonesia bisa diartikan "Jika". Dalam penulisan fingsi logika IF bisa dekategorikan menjadi dua yaitu :

1) Fungsi Logika IF Tunggal

Seperti namanya untuk fungsi ini hanya untuk satu kondisi dan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Contoh penulisan rumus logika IF tunggal :

=IF(kondisi,nil_TRUE,nil_FALSE

dibawah ini rumus di MS. Excel

=IF(B5=C5,A,B)

Keterangan rumus diatas kondisi angka B5 sama dengan angka C5. Jika angka B5 dan C5 sama maka akan bernilai A, jika salah maka akan bernilai B 

2) Fungsi Logika IF Bercabang

Fungsi logika IF bercabang bisa untuk lebih dari dua kondisi dan akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Contoh penulisan rumus logika IF bercabang :

=IF(kondisi_1,nil_TRUE1,IF(kondisi_2,nil_TRUE2,nil_FALSE))

Keterangan rumus jika kondisi_1 terpenuhi maka akan menghasilkan nil_TRUE, jika tidak terpenuhi maka akan dilanjutkan ke kondisi_2 

b) Fungsi Logika OR

Fungsi OR untuk membandingkan dua atau lebih kondisi dan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Fungsi OR bisa digabungkan penggunaannya dengan IF sehingga disebut fungsi IF - OR. Dalam penerapannya, fungsi OR dapat digunakan untuk menyerdehanakan fungsi IF bercabang. Nilai TRUE jika salah satu kondisi benar / terpenuhi dan FALSE jika semua kondisi tidak terpenuhi / benar. Berikut cara penulisan rumus OR dan IF-OR.

OR

=OR(kondisi_1,kondisi_2,kondisi_3,...)

IF-OR

=IF(OR(kondisi_1,kondisi_2),nil_TRUE,nil_FALSE)

c) Fungsi Logika AND

Fungsi logika AND memiliki kegunaan yang sama dengan fungsi OR, yaitu untuk membandingkan dua atau lebih kondisi sehingga menghasilkan nilai TRUE dan FALSE. Pada fungsi AND nilai TRUE jika semua kondisi terpenuhi dan akan bernilai FALSE jika salah satu kondisi tidak terpenuhi. Format penulisan rumus logika AND sama dengan fungsi OR. Berikut cara penulisan rumus AND.

=IF(AND(kondisi_1,kondisi_2),nil_TRUE,nil_FALSE)

Demikian sekilas pembahasan tentang Microsoft Excel Perangkat Lunak Pengolah Angka dan Data (Materi Dasar) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat jangan lupa untuk membagikan ke teman sobat supaya teman sobat tahu apa yang sobat tahu. Matur Suwon,,,
Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post